Selasa, 29 November 2011

alasan kenapa komputer berjalan lambat

Siapa yang tidak jengkel dan kesal ketika perangkat elektronik tidak bekerja seperti biasa. Dalam hal ini, komputer atau laptop yang sering dipakai mengalami gangguan dan cenderung menjadi lemot alias lamban. Kelemahan (kerusakan umum) yang biasa dialami sangatlah penting untuk diketahui agar ke depannya masalah tersebut tidak akan terulang kembali.
Komputer atau laptop yang biasa digunakan normal akan sangat terasa jika berjalan dalam keadaan lamban (tidak seperti biasa). Faktor-faktor yang menjadi penyebab sangatlah banyak. Bisa saja dari bagian hardware ataupun software yang mengalami kendala ketika sedang mengoperasikan sistem pada komputer atau laptop. Berikut beberapa tips sederhana yang mungkin bisa membantu untuk memeriksa masalah pada perangkat komputer atau laptop.

1. Virus
Jika ditanya, ‘kenapa komputermu?’, jawaban yang sering muncul ialah ‘terkena virus.’ Ya, virus sudah menjadi alasan terkemuka jika komputer melamban. Begitu banyak jenis virus yang bergentayangan dan merusak sistem pada komputer dengan beragam cara. Bisa dari flashdisk atau ketika sedang browsing di dunia maya. Tidak heran juga mengapa banyak orang yang memasang lebih dari 1 antivirus pada komputernya karena aksi virus yang melakukan interupsi pada algoritma sebuah aplikasi yang telah terinfeksi olehnya. Lakukan scanning pada sistem komputer agar program-program yang terinfeksi nantinya dibersihkan oleh antivirus.
2. Banyak Aplikasi yang Tidak DIgunakan
Banyaknya aplikasi/program yang diinstal akan menambah pada komputer. Cek ulang komputer atau laptop, pilih aplikasi-aplikasi mana saja yang diperlukan, lalu remove atau uninstall program yang tidak diperlukan.
3. Komputer/Laptop Panas
Waktu penggunaan yang terlalu lama, device pada komputer bekerja terlalu keras, atau bisa disebabkan oleh sistem pendingin (cooling system) yang tidak bekerja dengan baik. Ini dapat dilihat dari kipas yang bunyinya kencang.
4. Input Output
Permasalahan pada bagian ini biasanya disebabkan oleh debu atau kotoran yang masuk ke dalam perangkat seperti keyboard dan mouse. Lakukan pembersihan sebulan sekali dengan me-lap mouse memakai tisu yang dibasahi dengan alkohol, serta keyboard dengan menggunakan kuas. Selain itu juga, bagian-bagian seperti printer, LAN Card, dll juga harus dibersihkan dahulu sebelum digunakan. Dikhawatirkan masalah yang umumnya terjadi pada bagian ini adalah debu atau kotoran masuk ketika bagian input dimasukkan ke bagian komputer yang nantinya akan menghambat proses pentransferan data.
5. Hardisk
Penggunaan harddisk juga harus diperhatikan dan digunakan sesuai dengan kapasitasnya. Penggunaan yang sudah mencapai 90% membuat kecepatan komputer/laptop akan menurun. Lakukan defragmentasi secara berkala agar harddisk berjalan optimal dan simpanlah data-data yang sudah jarang dipakai ke media penyimpanan lain (flashdisk, harddisk portable, atau dibakar ke CD/DVD). Bisa juga dengan menambah kapasitas harddisk pada komputer atau laptop sebagai alternatif lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar